Rabu, 21 Oktober 2020

Belajar bersama Rumah Belajar dan Inovasi Pembelajaran Lainnya

Oleh: Ni Luh Putu Mira Suantari


Halo semuanya.
Apa kabar kalian hari ini?
Selalu sehat dan tetap semangat ya.

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas terkait inovasi pembelajaran yang saya lakukan khususnya dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.
Seperti yang kita semua ketahui, mulai tahun ajaran baru ini, pelaksanaan pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah terpaksa harus dilakukan dari rumah. Tak jarang pelaksanaan pembelajaran seperti ini, atau lebih umum dikenal dengan belajar daring membuat beberapa siswa kehilangan semangat belajar dan cepat bosan. Belum lagi ditambah dengan tugas-tugas yang diberikan oleh para guru yang terkadang membuat siswa merasa frustasi saat mengikuti pembelajaran daring.
Nah apa yang saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut?


Untuk mengurangi rasa jenuh dan bosan peserta didik, tentu saja saya melakukan inovasi dalam pembelajaran. Adapun inovasi yang saya lakukan yaitu dengan menerapkan beberapa model pembelajaran. Tujuan penggunaan beberapa model atau metode pembelajaran ini saya lakukan agar pembelajaran tidak monoton setiap kali saya melaksanakan pembelajaran daring.

Sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring, terlebih dahulu saya menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dimana RPP JJ yang saya buat bersifat fleksibel dan bisa diperbaharui sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi dan situasi. Selain itu, saya juga menanyakan keadaan peserta didik di rumah, apakah terdapat gawai/gadget yang bisa digunakan untuk pembelajaran sehingga saya bisa menyusun RPP JJ sesuai dengan keadaan peserta didik.

Berikut salah satu contoh RPP JJ yang saya gunakan.


Berdasarkan RPP JJ yang saya susun, model pembelajaran yang lebih sering saya gunakan yaitu model flipped classroom, dimana peserta didik memulai aktivitas pembelajaran dengan membaca materi ataupun video pembelajaran yang saya berikan pada Google Classroom. Adapun video pembelajaran yang biasanya saya berikan merupakan video pembelajaran yang saya buat sendiri dan saya upload ke channel youtube saya. Selain itu, saya juga memanfaatkan video maupun konten web pada fitur Sumber Belajar dari Rumah Belajar sebagai tambahan materi dan referensi.

Berikut beberapa video yang saya berikan kepada peserta didik.




Setelah pemberian video ataupun materi, peserta didik akan belajar secara mandiri terlebih dahulu dengan memahami video atau materi yang diberikan yang dilanjutkan dengan diskusi melalui video conference menggunakan aplikasi Google MeetSetelah proses diskusi, peserta didik mengerjakan latihan atau LKPD terkait materi yang dipelajari. Pemberian latihan atau LKPD biasanya saya lakukan dengan menggunakan Quizizz ataupun Liveworksheets. Hal ini saya lakukan agar peserta didik seakan bermain game padahal mereka sebenarnya mengikuti evaluasi.

Berikut beberapa contoh Quizizz dan Liveworksheets yang saya berikan kepada peserta didik.



Selain memanfaatkan fitur Sumber Belajar sebagai sumber materi, saya juga memanfaatkan media blog sebagai inovasi dalam pembelajaran. Media blog ini saya gunakan sebagai sumber materi, dimana nantinya peserta didik membangun sendiri pengetahuannya terkait dengan materi yang dijelaskan. Tak lupa, pada blog juga saya sematkan games dan latihan yang inovatif sebagai selingan saat peserta didik membaca materi.

Berikut langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media blog sebagai sumber belajar yang saya lakukan.
  • Saya menyapa peserta didik pada Google Classroom dan mengundang peserta didik untuk bergabung pada Google Meet.
  • Setelah itu, saya memberikan tautan alamat blog dan menginstruksikan peserta didik untuk membangun pengetahuannya terkait materi yang dibahas secara mandiri.
  • Peserta didik membaca dan memahami materi secara mandiri. Selain itu, diakhir materi saya siapkan latihan mandiri yang bisa dikerjakan peserta didik untuk mengecek pemahaman mereka. Untuk contoh materi yang saya sampaikan melalui blog, bisa dilihat disini ya.
                Materi Time
                Materi Greeting Card
  • Setelah anak-anak selesai memahami materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dilakukan melalui Google Meet.
  • Setelah sesi diskusi, kemudian diadakan tindak lanjut berupa game siapa cepat terkait materi yang dibahas.

Nah, demikian sedikit cerita dari saya terkait kegiatan pembelajaran dan inovasi pembelajaran yang saya lakukan ya. Yuk saling berbagi pengalaman dan inovasi belajar yang lainnya. Bagi yang punya saran atau komentar, jangan lupa bagikan komentar di bawah ya.

Dan bagi bapak/ibu yang mungkin mengalami kendala untuk membuat inovasi dalam pembelajaran, bisa gunakan panduan berikut ya.

Written by : MiiSsu ~ MiiSsu says :

Artikel Belajar bersama Rumah Belajar dan Inovasi Pembelajaran Lainnya ini diposting oleh MiiSsu pada hari Rabu, 21 Oktober 2020. Terima kasih atas kunjungan Anda :) Hope you enjoy my blog :) Please write your suggestions :D

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar: