Minggu, 04 Oktober 2020

Greeting Card: Definisi, Tujuan, dan Jenisnya

Oleh: Ni Luh Putu Mira Suantari

Halo semuanya. Apa kabar kalian hari ini?
Semoga selalu sehat dan tetap semangat ya.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas terkait dengan Greeting Card.
Apa itu Greeting Card? Sudah pernahkah kalian mendengar istilah Greeting Card?
Yupp, tentu saja dilihat dari namanya, Greeting Card merupakan sebuah kartu.
Untuk penjelasan lebih lengkap, yuk simak penjelasan di bawah ini ya.


What is Greeting Card?
Greeting card is a card which is given to someone that contains  a message to mark a special occasion. It is used to express the writer's feelings, gratitude, hopes, prayers, or wish toward the receiver (It contains the expression of congratulating someone and showing sympathy or condolence).
Jadi, Greeting Card atau bisa kita sebut dengan Kartu Ucapan merupakan sebuah kartu yang berisi pesan terkait peristiwa tertentu. Kartu ucapan ini biasanya berisikan ungkapan si penulis terkait peristiwa atau pencapaian yang dialami si penerima kartu. Misalnya si penerima sedang berulang tahun, maka kartu ucapan yang dibuat di penulis berisikan ucapan selamat ulang tahun dan doanya untuk si penerima.


Structure of Greeting Card
Perhatikan gambar berikut terkait struktur Greeting Card


Adapun struktur Greeting Card yaitu:
  1. Recipient/Receiver: orang yang menerima greeting card. Adapun pada contoh di atas yang merupakan si penerima adalah Luna (dear merupakan salam, bukan nama orang)
  2. Body/Content: isi dari greeting card, biasanya berisi tentang ucapan selamat (Congratulation on your success as ....)
  3. Sender/Writer: orang yang menulis atau mengirim greeting card (pada contoh di atas, pengirim kartu ucapan adalah Fransisca)

The Social Function or the Purpose of Greeting Card
Secara umum, tujuan atau social function dari Greeting Card adalah untuk mengucapkan selamat kepada seseorang atas pencapaiannya (to congratulate someone), untuk mendoakan seseorang (to wish someone), dan untuk menunjukkan simpati atau turut berduka cita (to show sympathy or condolence).

Selain itu, ada juga beberapa tujuan khusus dari Greeting Card sesuai dengan isi pesannya.
Nah, yuk coba cocokkan greeting card berikut dengan tujuannya.

Petunjuk: 
Pilih dan geser tujuan yang sesuai dengan kartu ucapannya.
Selamat mencoba :)



Kinds of Greeting Card
Ada beberapa jenis Greeting Card atau Kartu Ucapan berdasarkan jenis peristiwanya. Berikut adalah jenis-jenis greeting card beserta beberapa contohnya.

  • Congratulation Card
Congratulation Card merupakan kartu ucapan yang berisi ucapan selamat terhadap pencapaian seseorang (ucapan selamat karena menang lomba, mendapatkan penghargaan, sebagai juara 1, dan sebagainya). Wedding Card, Newborn Baby Card, dan Housewarming Card juga merupakan bagian dari Congratulation Card.


  • Birthday Card
Birthday Card merupakan kartu ucapan yang berisi ucapan selamat ulang tahun kepada sesorang dan harapan untuk orang tersebut.


  • Sympathy Card
Sympathy Card merupakan kartu ucapan yang digunakan untuk menunjukkan simpati ketika seseorang berada pada situasi yang sulit atau sakit. Sympathy Card juga digunakan untuk menyatakan turut berduka cita (to express condolence).


  • Celebration Card
Celebration Card merupakan kartu ucapan yang berisi ucapan syukur atau kebahagiaan pada saat hari raya atau perayaan hari tertentu seperti tahun baru, anniversary, hari kemerdekaan, hari guru, dan sebagainya.


  • Graduation Card
Graduation Card merupakan kartu ucapan yang berisi ucapan selamat karena seseorang telah lulus atau menyelesaikan pendidikannya.

  • Homecoming Card
Homecoming Card merupakan kartu ucapan yang berisi ucapan selamat datang atau selamat kembali kepada seseorang yang baru saja pulang atau kembali setelah beberapa waktu.

  • Gratitude Card
Gratitue Card merupakan kartu ucapan yang berisi ucapan terima kasih karena seseorang telah melakukan hal baik terhadap kita.

  • Farewell Card
Farewell Card merupakan kartu ucapan yang berisi ucapan selamat tinggal karena seseorang akan pergi jauh dan doa untuknya.

  • Apology Card
Apology Card merupakan kartu ucapan yang berisi ucapan permintaan maaf kepada seseorang atau ungkapan penyelasan si penulis karena telah melakukan suatu kesalahan.



Nah, itu tadi beberapa penjelasan terkait greeting card. 
Adapun untuk soal-soal yang berkaitan dengan greeting card biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan tentang tujuan/fungsi greeting card, informasi yang ada pada greeting card, serta persamaan atau lawan kata terkait istilah yang ada pada isi greeting card.
Jadi kalau kalian bisa memahami isi dari suatu greeting card, pasti kalian bisa menjawab soal tersebut.
Semangat :)


Sumber:
- Buku Siswa Bahasa Inggris When English Rings a Bell Kelas VIII Edisi Revisi 2017
- Buku PR Bahasa Inggris Kelas VIII Semester 1 (Intan Pariwara © 2017)
- Modul Pengayaan Bahasa Inggris 2a
- Belajar Praktis Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas VIII Semester 1


Written by : MiiSsu ~ MiiSsu says :

Artikel Greeting Card: Definisi, Tujuan, dan Jenisnya ini diposting oleh MiiSsu pada hari Minggu, 04 Oktober 2020. Terima kasih atas kunjungan Anda :) Hope you enjoy my blog :) Please write your suggestions :D

:: Get this widget ! ::

2 komentar:

SS mengatakan...

PogU nice one.

Unknown mengatakan...

Keren miss