Kamis, 01 Oktober 2020

Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh. Apa Solusinya?

Oleh: Ni Luh Putu Mira Suantari

 



Tidak terasa sudah 5 bulan kita melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Tentunya banyak sekali kendala dan tantangan yang ditemui para guru, siswa, bahkan orang tua dalam proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh seperti adanya siswa yang tidak memiliki gawai/gadget, proses pembelajaran dengan pemberian tugas yang cenderung membosankan, hingga orang tua yang tidak selalu bisa mendampingi anak-anaknya selama pembelajaran daring. Tentu saja mengeluhkan semua tantangan maupun kendala tersebut tidak akan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat pembelajaran jarak jauh ini. Sebagai seorang guru, mencari solusi untuk mengatasi tantangan pembelajaran jarak jauh merupakan hal yang harus dilakukan. Nah apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalah tersebut?

Sebagai seorang guru, tentu saja kita harus mampu merancang proses pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar yang bermakna, tidak hanya sekadar memberikan tugas tanpa disertai penjelasan materi. Apalagi dengan adanya kurikulum darurat di masa pandemi yang difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup dan tidak harus mengejar ketuntasan kurikulum, tentu saja sebagai seorang guru kita harusnya mampu menyiapkan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang tidak membebani siswa maupun orang tua.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan guru untuk membuat pembelajaran jarak jauh menjadi lebih bermakna. Bagi proses pembelajaran jarak jauh yang didukung dengan ketersediaan gawai/gadget, salah satu alternatif yang bisa diterapkan guru untuk menyiapkan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang inovatif adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Portal Rumah Belajar, baik menggunakan fitur-fitur tersebut secara langsung ataupun dikombinasikan dengan media pembelajaran yang telah disiapkan oleh para guru itu sendiri. Seorang guru yang ingin menyampaikan materi pelajaran bisa membuat video pembelajaran atau media pembelajaran sendiri yang bisa diakses siswa ataupun memanfaatkan portal yang menyiapkan sumber belajar gratis untuk siswa seperti fitur Sumber Belajar, TV Edukasi, dan Radio Edukasi dari Portal Rumah Belajar. Selain itu, untuk membuat siswa tidak hanya mengerjakan tugas, guru bisa menyiapkan aktivitas permainan (belajar sambil bermain) dengan memanfaatkan fitur Edugame dari Rumah Belajar atau menggunakan Quizizz dan Kahoot. Tidak hanya belajar sambil bermain, dalam pembelajaran jarak jauh pun seorang guru dapat mengajak siswanya melakukan pratikum secara online melalui Laboratorium Maya dari Rumah Belajar dan beragam aktivitas lainnya sesuai dengan inovasi guru itu sendiri.

Begitu banyaknya cara dan alternatif yang bisa guru terapkan dan manfaatkan untuk mengatasi kendala pembelajaran jarak jauh. Solusi terpenting adalah menjadi seorang guru yang kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media yang ada sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.     


Written by : MiiSsu ~ MiiSsu says :

Artikel Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh. Apa Solusinya? ini diposting oleh MiiSsu pada hari Kamis, 01 Oktober 2020. Terima kasih atas kunjungan Anda :) Hope you enjoy my blog :) Please write your suggestions :D

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar: