Rabu, 21 Oktober 2020

Berbagi bersama SRB Badung: Chapter 2

Oleh: Ni Luh Putu Mira Suantari


Halo sahabat semuanya.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu sehat dan tetap semangat ya.

Nah sahabat, pada postingan Berbagi bersama SRB Badung: Chapter 1, saya sudah membagikan cerita terkait kolaborasi yang tim SRB Badung lakukan dengan berbagi inovasi pembelajaran terkait Rumah Belajar pada guru-guru SD se-kabupaten Badung. Selanjutnya, pada Chapter 2 kali ini, saya akan membagikan pengalaman kolaborasi tim SRB Badung untuk berbagi inovasi pembelajaran dengan guru-guru SMP se-kabupaten Badung.
Seperti apa kelanjutan kegiatan berbagi kami?
Yuk simak ceritanya ya.



Kegiatan kolaborasi hari kedua dengan SRB Badung dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 yang dilaksanakan secara tatap maya dengan menggunakan aplikasi video conference webex event
Kegiatan berbagi hari kedua ini mengambil tema yang sama dengan hari pertama, yaitu "Sahabat Rumah Belajar Berbagi Inovasi Pembelajaran dengan Rumah Belajar". Yang membedakan kegiatan hari pertama dan hari kedua adalah pada peserta yang mengikuti kegiatan berbagi ini. Hari pertama ditujukan untuk guru SD se-kabupaten Badung, sedangkan di hari kedua, kegiatan ini ditujukan untuk guru SMP se-kabupaten Badung. Sama seperti hari pertama, kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama ditujukan untuk guru-guru SMP se-kecamatan Petang, Abiansemal, dan Mengwi yang dilaksanakan pukul 09.00 - 11.00 Wita, sedangkan sesi kedua ditujukan untuk guru-guru SMP se-kecamatan Kuta, Kuta Utara, dan Kuta Selatan yang dimulai pada pukul 14.00 - 16.00 Wita.

Jika pada hari pertama yang menjadi narasumber adalah Bapak Ari Pradana dan Ibu Saras Priyanti yang merupakan guru SD di kabupaten Badung, maka untuk kegiatan di hari kedua, kami bertukar tugas. Narasumber 1 di hari ini adalah saya sendiri yang membawakan materi "Inovasi Pembelajaran dengan Rumah Belajar" dan narasumber 2 adalah Ibu Made Sutiari yang membawakan materi "Pemanfaatan Edugame dan Liveworksheets dalam Pembelajaran". Adapun yang bertugas sebagai moderator yaitu Ibu Saras Priyanti dan Bapak Ari Pradana bertugas sebagai host.

Sama seperti kegiatan berbagi di hari pertama, kegiatan berbagi di hari kedua diawali dengan pembukaan oleh moderator sekaligus memperkenalkan kedua narasumber. Setelah pembukaan, saya dan Ibu Made Sutiari pun bersiap untuk memaparkan materi. Selain memperkenalkan Rumah Belajar dan pemanfaatannya dalam pembelajaran, saya juga membagikan inovasi pembelajaran lainnya yaitu penggunaan H5P untuk membuat mini game sebagai salah satu alternatif untuk membuat siswa tidak jenuh dalam belajar. Ibu Made Sutiari pun tak ketinggalan memaparkan inovasi lainnya berupa penggunaan liveworksheets untuk membuat LKPD. Setelah selesai pemaparan materi, kegiatan berbagi pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sesi kuis berhadiah di akhir acara. 

Nah, berikut beberapa dokumentasi terkait kegiatan berbagi untuk sesi SMP se-kabupaten Badung.

Pengenalan Portal Rumah Belajar.

Pemaparan materi terkait pemanfaatan Rumah Belajar pada fitur Sumber Belajar dan Bank Soal.

Pengenalan inovasi pembelajaran dengan menggunakan H5P.

Pemaparan materi oleh Ibu Made Sutiari.

Pemanfaatan Edugame dalam pembelajaran.

Pemanfaatan liveworksheets sebagai inovasi pembelajaran lainnya.
Sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator, Ibu Saras Priyanti.

Salah satu guru SMP mengajukan pertanyaan saat sesi tanya jawab.

Narasumber menjawab pertanyaan dari salah satu peserta kegiatan berbagi.

Pemenang sesi kuis berhadiah.


Untuk daftar hadir peserta kegiatan berbagi bisa dilihat pada tautan berikut ya.

Nah, itu dia cerita tentang kolaborasi hari kedua ya dan merupakan rangkaian terakhir kegiatan kolaborasi yang saya lakukan bersama tim SRB Badung dalam rangka mengikuti kegiatan PembaTIK Level 4. Meskipun kegiatan PembaTIK Level 4 sebentar lagi berakhir, bukan berarti kegiatan berbagi juga ikut berakhir ya. Kita pun masih tetap bisa berbagi satu sama lain dan berinovasi demi kemajuan pendidikan khususnya di Indonesia. Semangat sahabat semuanya.

Simak juga cerita lainnya disini ya.


Written by : MiiSsu ~ MiiSsu says :

Artikel Berbagi bersama SRB Badung: Chapter 2 ini diposting oleh MiiSsu pada hari Rabu, 21 Oktober 2020. Terima kasih atas kunjungan Anda :) Hope you enjoy my blog :) Please write your suggestions :D

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar: