Selasa, 20 Oktober 2020

Sharing Session: Inovasi Belajar bersama Rumah Belajar

Oleh: Ni Luh Putu Mira Suantari


Halo semuanya.
Apa kabar kalian?
Semoga tetap bersemangat dan selalu sehat ya.

Salah satu tugas dari PembaTIK Level 4 adalah berbagi, baik itu berbagi terkait pemanfaatan Rumah Belajar maupun berbagi praktik-praktik baik lainnya yang dapat menunjang pembelajaran dan memberikan inovasi dalam pembelajaran.
Tak ketinggalan, saya pun juga harus mampu berbagi dengan sesama rekan-rekan guru. Berbagi di rumah sendiri sudah saya lakukan di unit SMP dan unit SD, dan sekarang tibalah saatnya untuk berbagi di unit SMA dan SMK.
Nah, bagaimana pengalaman berbagi yang saya lakukan di SMA dan SMK Widiatmika?
Yuk simak cerita berbagi kali ini ya.



Setelah melaksanakan kegiatan berbagi di SMP Widiatmika dan SD Widiatmika, kegiatan berbagi selanjutnya dilakukan di SMA dan SMK Widiatmika. Kegiatan berbagi kali ini mengambil tema "Sharing Session: Inovasi Belajar dengan Rumah Belajar". Kegiatan berbagi ini dilaksanakan pada Rabu, 14 Oktober 2020 mulai pukul 14.00 - 15.00 WITA di salah satu ruang kelas SMA Widiatmika.

Sebelum melaksanakan kegiatan sharing ini, tentu saja saya meminta ijin kepada Kepala SMA Widiatmika (Bapak I Made Suadnyana, S.Pd., M.Pd., Gr.) dan Kepala SMK Widiatmika (I Gede Inten, S.Or.) untuk mengadakan kegiatan sharing dan berkoordinasi dengan Wakil Kepala Sekolah bidang Humas untuk menentukan tanggal dan teknis pelaksanaan kegiatan sharing. Setelah berkoordinasi selama beberapa kali dan sempat terkendala di jadwal karena terbentur adanya kegiatan PTS Daring di SMA dan SMK Widiatmika, akhirnya kegiatan berbagi ini bisa dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan sharing session diawali dengan pengarahan dari Kepala SMK Widiatmika yang sekaligus memandu pelaksanaan kegiatan sharing. Setelah memberikan beberapa pengarahan, saya memulai kegiatan berbagi dengan mengenalkan Rumah Belajar dan fitur-fiturnya serta pemanfaatannya dalam pembelajaran. Sedikit berbeda dari kegiatan berbagi di SMP maupun di SD Widiatmika, fokus berbagi di SMA dan SMK Widiatmika yaitu tentang pemanfaatan fitur Kelas Maya dari Rumah Belajar. Para guru sangat tertarik dengan pemanfaatan fitur ini, sehingga pada saat itu pun saya langsung mengajarkan guru-guru di SMA dan SMK Widiatmika untuk mendaftarkan sekolah sebagai penyelenggara dan membuat akun Kelas Maya untuk guru. Selain itu, saya juga mengajak guru-guru untuk mendaftar dan membuat akun SimpaTIK agar tahun depan mereka bisa mencoba mengikuti kegiatan PembaTIK yang selalu diadakan tiap tahun.

Setelah pemaparan materi dan sesi tanya jawab, kegiatan sharing session dilanjutkan dengan sesi kuis dengan menggunakan aplikasi Kahoot yang dimenangkan oleh Bapak Komang Suta Widyarta, S.Pd., Gr. Selanjutnya kegiatan sharing session pun diakhiri dengan sesi foto bersama.


Berikut adalah beberapa dokumentasi saat kegiatan sharing session di SMA dan SMK Widiatmika.


Pengarahan oleh Kepala SMK Widiatmika sebelum memulai kegiatan berbagi.


Rekan-rekan guru SMA dan SMK Widiatmika siap menyimak materi.


Pengenalan Rumah Belajar dan fitur-fiturnya.


Pengenalan Rumah Belajar dan fitur-fiturnya.


Pengenalan Rumah Belajar dan fitur-fiturnya.


Pengenalan fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.


Membuat akun Kelas Maya.


Membuat akun Kelas Maya.


Sesi kuis setelah pemaparan materi.


Hasil kuis tentang Rumah Belajar.


Foto bersama diakhir sesi berbagi.


Foto bersama dengan guru-guru SMA dan SMK Widiatmika.


Foto bersama pemenang kuis, Bapak Suta Widyarta.


Foto bersama Kepala SMK dan SMA Widiatmika


Foto bersama Kepala SMK Widiatmika (sebelah kiri) dan Kepala SMA Widiatmika (sebelah kanan).



Daftar hadir guru-guru SMA dan SMK Widiatmika yang mengikuti kegiatan sharing.





Written by : MiiSsu ~ MiiSsu says :

Artikel Sharing Session: Inovasi Belajar bersama Rumah Belajar ini diposting oleh MiiSsu pada hari Selasa, 20 Oktober 2020. Terima kasih atas kunjungan Anda :) Hope you enjoy my blog :) Please write your suggestions :D

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar: